Monday 5 October 2009

Sidak Barang Beredar

Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan Kabupaten Pemekaran di Provinsi Kepulauan Riau  yang memiliki karakteristik daerah sebagai berikut :


Kondisi georafis Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri pulau-pulau membutuhkan banyak pelaku perdagangan yang memasarkan produk dan pasokan barang untuk sampai konsumen di seluruh wilayah Kepulauan Anambas.
Letak Kabupaten Kepulauan Anambas yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia dan Vietnam, membuat Kabupaten Anambas banyak dibanjiri produk produk dari negara-negara tersebut.
Bukan sebagai daerah Penghasil kebutuhan pokok sehingga hampir seluruh kebutuhan pokok masyarakatnya dipasok dari daerah lain.




Dengan karakteristik seperti tersebut diatas membuat Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi daerah dimana kegiatan perdagangannya menjadi sangat penting karena banyak melakukan interaksi langsung baik dalam negeri maupun dengan pihak luar negeri. Untuk itu kegiatan perdagangan harus diatur dengan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan potensi yang ada sekaligus meminimalisir permalahan yang muncul.


Dalam kaitannya dengan perdagangan dalam negeri, kegiatan di fokuskan pada kelancaran arus distribusi barang dengan jumlah yang memadai dan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pokok/penting dan strategis masyarakat, pengamanan perdagangan dalam negeri guna mewujudkan perdagangan yang adil, penguatan lembaga-lembaga perdagangan untuk meningkatkan kemandirian dan profesionalisme, pengamanan transaksi perdagangan  yang menyangkut kebenaran pengukuran untuk menciptakan perdagangan yang sehat dan adil serta penyelenggaraan perlindungan konsumen untuk mendorong terciptanya konsumen yang mandiri.



Dengan lancarnya distribusi barang  serta harga yang yang wajar akan mengendalikan inflasi. Untuk itu kegiatan yang terencana dan berkesinambungan guna mengantisipasi naiknya harga dimana salah satunya dengan melakukan pemantauan perkembangan harga komoditi khususnya kebutuhan pokok masyarakat.



0 KOMENTAR:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda Terhadap blog Kami ini.

 

DISPERINDAGKOP ANAMBAS Copyright © 2009 This Blog is Designed by FORUM DISKUSI ANAMBAS for DISPERINDAGKOP KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS